Sunday, March 21, 2021

Remarried Empress (#167) / The Second Marriage (Ep. 81 part 2)

 


Chapter 167: Keterkejutan Sovieshu (2)

 

Berita tentang Keluarga Kekaisaran tersebar ke pelosok negeri bagaikan api. Orang-orang takjub atas skandal nasional ini, dan pembicaraan tentang ‘Apa yang Akan Anda Lakukan Di Keluarga Kerajaan’ segera menjadi tren.

Secara alami, setiap majalah meliput cerita itu dengan gembira. Namun, kebanyakan dari mereka memiliki tingkat kesalahan atau kepalsuan. Majalah yang paling kredibel sejauh ini adalah Lorudin, terbitan resmi yang memiliki akses eksklusif ke istana. Ketika Lorudin melaporkan berita perceraian dan pernikahan kembali permaisuri, semua orang terkejut. Ceritanya begitu memalukan sehingga tidak ada yang percaya sampai Lorudin memberitakannya.

Pernikahan Kembali Permaisuri yang Digulingkan! Begitulah judul utamanya.

Meskipun pernikahan kembali tidak dilarang, tidak ada permaisuri yang pernah bercerai dalam sejarah yang pernah melakukannya. Terlepas dari siapa mantan permaisuri, kaisar masih memiliki posisi yang terpandang, dan tidak ada alasan untuk merunyamkan masalah politik. Meskipun Navier bisa mengambil kekasih yang lebih muda, dia tidak pernah menikah lagi. Lingkaran sosial adalah dunia kecil, dan banyak pandangan orang yang mengikuti kehidupan mantan permaisuri setelah perceraian. Mengklaim kursi tertinggi bagi seorang wanita di kekaisaran dan kemudian muncul kembali di peringkat yang lebih rendah juga merupakan kebanggaan yang menyakitkan bagi mantan permaisuri.

Tapi tidak untuk Permaisuri Navier. Tidak untuk permaisuri yang terkenal dengan sikapnya yang tenang dan kecerdasannya yang tajam. Dia tidak hanya menikah lagi, tapi dia menikah lagi dengan Raja Negeri Barat! Semua orang tercengang dengan hal yang belum pernah terjadi sebelumnya ini.

“Bagus untuknya. Daripada tinggal di negara ini sebagai permaisuri yang digulingkan, lebih baik dia pergi ke Kerajaan Barat dan menjadi ratu.”

“Ya, dia bisa hidup bebas di sana, tapi dia akan terus menjadi pusat perhatian orang-orang selama sisa hidupnya. Apa menurutmu semudah itu?”

"Jika Kaisar tinggal dengan selirnya, mengapa Permaisuri tidak bisa menikah lagi?"

“Tapi ini masalah etika. Bagaimana mungkin kamu menikah lagi dalam hitungan detik?”

"Baiklah. Lalu akan jadi apa dia? Negara lain akan meremehkan kita."

“Jika Permaisuri Kerajaan Timur yang Agung menjadi Ratu Kerajaan Barat, maka itu adalah pengkhianatan bagi negara kita.”

Setelah keterkejutan mereka mereda, opini orang-orang segera terpecah. Beberapa mendukung pernikahan kembali Navier, dan yang lain mengatai dia gila. Yang lain bersimpati padanya, tetapi mengatakan itu tidak baik untuk negara. Mempertimbangkan kekuasaan yang dimiliki mantan permaisuri, beberapa ingin mencegah pernikahan kembali dan menyarankan agar mereka  mencegahnya pergi.

Sekitar waktu makan siang keesokan harinya, Navier memasang senyum pahit di wajahnya ketika dia mendengar reaksi publik.

 

***

 

“Itu adalah cerita yang bisa memiliki banyak pendapat.”

Wajahku tenang. Aku sudah siap untuk ini.

“Aku hanyalah permaisuri bagi mereka.”

Itu bukanlah sesuatu yang bisa aku kendalikan. Bagi rakyat, aku adalah bagian dari bangsa dan identitas nasional. Mereka akan lebih bermurah hati jika aku hanyalah seorang teman atau anggota keluarga yang menemukan kehidupan baru setelah perceraian, tetapi melihat permaisuri mereka pergi dan pergi ke negara lain adalah hal yang memalukan bagi mereka.

Marquis Farang menatap mataku dan tersenyum cerah.

“Tidak, tapi Anda cermat sekali. Bagaimana Anda bisa menggunakan saya sebagai pesuruh dan tidak mengucapkan sepatah kata pun.”

"Maafkan saya."

"Tidak ada yang perlu disesali.”

Marquis Farang mengangkat jari kelingkingnya.

“Harap diingat bahwa Marquis Farang memberikan kontribusi besar untuk pernikahan kembali Anda.”

Aku tersenyum mendengar humornya. Manajer wilayah, yang telah sibuk menulis daftar selama setengah jam, meletakkan penanya dan mengangkat bagian atas tubuhnya. Dia adalah pengurus kekayaan keluarga Troby, dan dia menyusun daftar properti pribadiku.

"Apakah sudah selesai?"

Manajer wilayah itu mengusap lehernya dan tertawa kecil.

“Sudah selesai. Jangan khawatir, Nyonya. Saya akan mengurus semuanya, tanpa meninggalkan satu barang pun."

"Terima kasih."

Marquis Farang mengalihkan pandangannya ke arahku.

“Apakah Anda akan membawa semua milik Anda dari istana permaisuri?”

Dia juga sepertinya bertanya apakah itu termasuk uang dan perhiasan, dan aku menganggukkan kepalaku.

"Saya pikir begitu."

Ini mungkin terlihat picik, namun ... aku tahu persis siapa yang akan tinggal di istana itu setelah aku, dan aku tidak ingin meninggalkan barang-barangku. Lagi pula, setelah menjadi permaisuri, kamu dapat mendekorasi tempatmu sesukamu, dan membuang barang-barang lama.

Aku tidak suka membayangkan Rashta membuang barang-barang lamaku, jadi aku memutuskan untuk membawanya sendiri. Manajer wilayah biasanya cenderung berdecak lidah dan mengatakan bahwa bangsawan menghabiskan terlalu banyak uang, tetapi orang ini tampaknya senang dengan keputusanku.

Saat dia bersenandung dan memeriksa daftar itu lagi, aku melihat ke arah pintu lengkung. Di sana, Heinley berdiri bersama orang tuaku, berusaha keras mendapatkan kepercayaan mereka. Tidak mudah untuk terus cemberut di hadapan Heinley.

'…Imut.'

Tadi malam, Heinley menyarankan kepada orang tuaku untuk pindah ke Kerajaan Barat, tetapi mereka menolak. Mereka tidak bisa menghentikanku atau kakak laki-lakiku untuk pergi ke sana, tapi mereka adalah bangsawan berpangkat tinggi di sini di Kekaisaran Timur…

Mungkin Heinley masih berusaha meyakinkan mereka. Tiba-tiba, Heinley menoleh ke arahku sambil tersenyum, dan dia serta orang tuaku berjalan ke arahku. Manajer wilayah berkata, "Rasanya canggung berada sedekat ini dengan raja," lantas berdiri dan naik tangga.

Ibuku mendatangiku dan langsung berbicara.

“Navier. Apa yang akan kamu lakukan sekarang? Berapa lama kamu akan tinggal di sini?"

Ah, mungkin itulah yang mereka bertiga bicarakan. Aku menjawab dengan cepat.

“Aku bisa pergi kapan saja, bahkan sekarang. Aku sudah mengaturnya."

Itu memang tidak resmi, tapi tidak baik bagi Raja Heinley untuk tinggal di sini terlalu lama.

Namun, tanpa diduga, Heinley menyarankan sebaliknya.

“Saya sudah menyiapkan kereta kuda… mengapa tidak tinggal selama lima belas hari lagi dan kemudian pergi?”

Aku memandanginya dengan prihatin, dan dia berbicara dengan mata berbinar.

“Saya akan punya waktu untuk memenangkan hati orang tua Ratu.”

Orang tuaku, yang lebih terbiasa dengan Sovieshu, merasa canggung dengan perkataan Heinley, lantas mereka saling pandang. Marquis Farang adalah satu-satunya orang yang tampaknya menganggap situasi itu lucu, tetapi ayahku menatapnya dengan tajam, dan Marquis tiba-tiba mengangkat tangannya.

"Oh, saya baru ingat sesuatu."

Dia berlari menuju pintu depan dan membukanya, tapi tiba-tiba dia membeku. Aku memandangnya dengan penuh pertanyaan dan mendekat. Aku melihat ekspresinya membatu saat dia menatap melalui pintu yang terbuka. Ketika aku mengalihkan pandangan untuk melihat apa yang dia lihat, aku melihat pemandangan aneh di depanku.

Sederet penjaga mengepung gerbang depan seperti sebuah tembok.


*** 

<<<

Chapter Sebelumnya                   

>>>             

Chapter Selanjutnya 

===

Daftar Chapters 


No comments:

Post a Comment