Saturday, March 13, 2021

Remarried Empress (#161) / The Second Marriage (Ep. 78)

 


Chapter 161 Tidak Berdiri Sendiri Lama-Lama (2)

 

Keesokan paginya, aku bangun untuk memeriksa Queen. Dia berbaring meringkuk di sarang yang aku persiapkan untuknya di kursi di samping tempat tidur. Sebelumnya, dia selalu terbang diam-diam di malam hari. Apakah dia begitu kelelahan karena perjalanan dan cedera panah?

"Mengapa kamu meringkuk seperti ini?"

Dia membuka mata manisnya dan menatapku. Bola mata ungu indahnya mengingatkanku pada Heinley.

Heinley…

Apakah dia bersama Duke Elgy sekarang? Aku mencium dada Queen dan bangun dari tempat tidur.

"Astaga, Queen?"

Mata Countess Eliza membelalak karena terkejut saat dia memasuki kamar tidurku. Keterkejutannya bertambah ketika dia melihat perban melilit sayap Queen.

Ini harus dirahasiakan.

Queen melambaikan satu sayap untuk menyapa Countess Eliza, lalu menyelinap kembali ke sarangnya. Countess tersenyum dan mengangguk.

Setelah aku mandi dan berpakaian dengan bantuan Countess Eliza, aku diberi tahu bahwa salah satu utusan Sovieshu ada di sini. Aku pergi ke ruang tamu, dan pelayan itu menatapku dengan ekspresi muram.

Yang Mulia. Kaisar hendak mengadakan pertemuan darurat. "

“…”

“Dia berharap Anda juga dapat menghadiri pertemuan tersebut, Yang Mulia.”

Setelah pelayan selesai berbicara, Countess Eliza bergerak dengan tidak nyaman.

"Baiklah. Aku akan hadir."

Aku menjawab setenang mungkin dan memberi isyarat kepada pelayan untuk pergi. Tapi di dalam hati aku tidak merasa tenang sedikit pun. Rasanya seolah-olah lantai yang kupinjak akan runtuh.

'Perceraian benar-benar sudah dekat.'

Tidak peduli betapa siapnya aku, aku tidak merasa lebih baik. Lidahku kering dan perutku terasa kaku. Para dayang meletakkan sarapan dan peralatan makan di atas meja, tapi aku tidak tahan dengan bau makanan.

“Jangan pergi, Yang Mulia.”

“Bilang saja Anda tidak sehat.

“Mengapa Yang Mulia harus pergi ke tempat seperti itu?”

Mereka juga tampak khawatir bahwa tujuan pertemuan darurat negara itu adalah tentang perceraianku. Beberapa dayang marah, dan beberapa menangis. Namun…

Tidak apa-apa. Bahkan jika aku tidak hadir, perceraian akan tetap terjadi."

Namun, akan lebih baik untuk melihat sendiri bagaimana perkembangannya. Aku juga ingin melihat wajah Sovieshu. Sehari setelah dia berjanji pada Rashta bahwa dia akan menceraikanku, dia bersikap baik kepadaku, seolah-olah dia menyembunyikan penyesalan.

Aku bertanya-tanya bagaimana dia akan memperlakukanku di depan umum. Apakah dia akan bertingkah seolah-olah aku adalah lintah yang menyusahkan untuk disingkirkan? Atau apakah dia akan menyesal karena persahabatan lama kami? Bagaimanapun, aku tidak berpikir dia merasa bersalah. Aku ingin dia melihatku, dan aku ingin menyaksikan rasa bersalah menggerogotinya.

Ada kekasih yang berpisah secara damai satu sama lain. Dalam menghadapi perceraian sepihak, apakah aku perlu menenangkan hati nuraninya?

Tidak.

Aku akan berganti pakaian.

Setelah beberapa saat dalam kesuraman, aku meminta Countess Eliza untuk melepas gaun biruku. Aku mempertimbangkan apakah aku harus masuk ke kamar dengan gaya megah, atau mengenakan sesuatu yang akan menstimulasi rasa bersalah Sovieshu. Akhirnya, aku memilih gaun putih sederhana dengan sedikit detail. Aku ingin membangkitkan rasa bersalahnya sebanyak mungkin. Aku membiarkan rambutku tergerai dan berjalan keluar.

Pertemuan darurat akan diadakan di ruang audiensi. Ketika aku tiba, penjaga membuka pintu tanpa menatap mataku. Saat aku berjalan di aula, fokus para bangsawan dan pejabat di dalam ruangan tiba-tiba beralih kepadaku. Berbagai macam emosi tercermin di mata mereka, tetapi ruang penonton sangat sunyi. Suara tetesan air yang jatuh akan terdengar sekeras suara benturan.

Sovieshu sedang duduk di singgasananya saat tatapannya tertuju padaku. Aku menegakkan punggungku, dan berjalan ke depan ruangan. Ketika aku tiba di singgasanaku, aku duduk di atasnya seolah-olah tidak ada yang terjadi. Mataku dengan tenang menatap lurus ke depan, tetapi di sampingku aku bisa merasakan energi gugup menguar dari Sovieshu. Dari sudut mataku, aku melihat jari-jarinya yang gelisah di lututnya.

"Permaisuri…"

Tidak lama kemudian Sovieshu memanggilku. Aku akhirnya menoleh ke arahnya. Begitu mata kami bertemu, dia meminta maaf kepadaku dengan ekspresi tegas.

"Maafkan aku. Tapi aku tidak pernah— "

Tidak perlu lagi meminta maaf.

"?"

Aku tidak menginginkannya, jadi simpan saja napasmu.

"Permaisuri, aku—"

Dia mencoba mengatakan sesuatu, tetapi terputus ketika pintu terbuka lagi. Itu adalah Imam Besar. Sekali lagi, keheningan mencekam menyelimuti ruangan. Imam Besar berdiri di depan kami dengan wajah masam, dan para bangsawan saling pandang saat mereka menahan napas.

Setelah beberapa saat, Sovieshu bangkit dari singgasana, dan semua bangsawan membungkuk secara bersamaan. Dia melambaikan tangannya, dan kemudian berbicara dengan suara berat.

"Saya ingin menceraikan Permaisuri Navier."

Para bangsawan mungkin sudah menyimpulkan petunjuk-petunjuk ketika Imam Besar datang untuk mewawancarai Sovieshu, tetapi mereka semua menelan ludah seolah-olah baru mendengar berita itu untuk pertama kalinya. Gumaman mulai menyebar seperti minyak yang menyala.

"Tolong pertimbangkan kembali, Yang Mulia."

“Jangan lakukan ini, Yang Mulia.”

"Kaisar…"

Suara bujukan serupa terdengar di mana-mana. Aku membiarkan wajahku kosong dan menatap lurus ke depan. Diberitahu tentang perceraian di depan semua orang adalah hal memalukan, tidak peduli betapa siapnya aku. Menjaga perasaanku tetap tersembunyi adalah satu-satunya cara untuk melindungi harga diriku.

Sudah terlanjur diputuskan.

Sovieshu memotong kata-kata para bangsawan.

Aku tidak begitu sadar apa yang terjadi setelahnya. Yang aku ingat hanyalah bahwa pengadilan perceraian akan segera diadakan. Pengadilan tidak sama dengan persidangan; dalam pertemuan pengadilan pertama, Imam Besar akan memanggilku, Sovieshu, dan para bangsawan, dan imam akan bertanya apakah aku setuju untuk bercerai.

Begitu pertemuan keadaan darurat ini berakhir, semua melihatku dengan pandangan simpati. Aku mengabaikan tatapan mereka dan keluar dari ruang penonton dengan kecepatan yang sama seperti biasanya.

Namun, begitu aku meninggalkan ruangan, aku melihat Rashta berdiri di luar, tidak terlalu jauh. Tubuhnya setengah tersembunyi di belakang pilar tempat dia berdiri, matanya dipenuhi rasa kasihan. Dia perlahan mendekatiku.

“Kaisar keterlaluan. Melakukannya secara terbuka… ”

Wajahnya yang muram kini bergelinang air mata.

“Yang Mulia membenci Rashta, tetapi Rashta tidak membenci Yang Mulia. Bahkan jika Yang Mulia pergi, Rashta akan mengingatnya. "

Dia membuatnya terdengar seperti aku akan mati. Perasaanku dipenuhi rasa jengkel, tapi apa gunanya berbicara dengan anak ini?

“Kamu tidak perlu mengingatku.”

Aku berbalik dan langsung menuju ke taman. Heinley memintaku untuk menemuinya di kamar Duke Elgy, tetapi gagasan untuk bertemu orang-orang membuatku merasa sesak. Aku hanya ingin menghabiskan waktu sendiri untuk saat ini. Aku pergi ke taman favoritku dan memberi perintah kepada penjaga.

"Tolong tinggalkan aku sendiri untuk sementara waktu."

Kata-kata permaisuri yang akan bercerai memiliki pengaruh yang besar. Tidak ada yang mengejarku sekarang, jadi para penjaga mundur diam-diam. Aku tersenyum dan menikmati jalan-jalan sendirian, dan setelah waktu yang cukup lama, aku menuju ke istana selatan tempat Duke Elgy tinggal.

Saat aku mengetuk pintu, aku mendengar "Siapa ini?" dari dalam. Aku telah diundang, jadi Duke Elgy harusnya tahu bahwa aku akan datang. Untuk berjaga-jaga, aku sengaja memberikan jawaban yang tidak jelas.

"Ini aku."

Aku menunggu sejenak, lalu kudengar suara langkah kaki mendekat dengan cepat. Pintunya terbuka. Aku mendongak dari tempat aku menatap tanah dengan suram, tetapi bukan Duke Elgy yang ada di depanku.

Dia adalah Heinley.

Heinley?

Apakah Duke Elgy sudah pergi? Tidak, kami seharusnya bertemu di sini…

Aku panik sejenak, tapi Heinley tersenyum padaku.

"Ratu."

“Bagaimana Anda bisa berada di sini?”

"Saya sudah menunggu Anda. Saya selalu menunggu, tapi hari ini saya menunggu dari jarak yang lebih dekat. "

Aku memasuki kamar, dan Heinley menutup pintu dan tersenyum kembali kepadaku. Dia memutar pelan kakinya seolah dia gugup, lalu mengulurkan kedua tangannya dan menatapku. Apakah dia ingin…? Kelihatannya seperti itu.

'Apakah dia ingin memelukku?'

Aku ragu-ragu, lalu mencondongkan kepalaku ke arahnya. Pipiku dengan canggung menyentuh bahunya. Aku menahan postur tubuhku, tetapi Heinley tertawa geli. Panas membanjiri wajahku dan aku mencoba menarik kepalaku, tapi dia menghentikanku.

"Ratu. Bolehkah aku benar-benar memelukmu?”

"Baiklah."

Begitu aku menjawab, dia melilitkan lengannya di tubuhku dan memelukku erat-erat. Aku membiarkan kepalaku rileks di bahunya yang lebar, dan rambutnya menggelitiki wajahku. Rambut pirangnya selembut bulu burung. Semakin erat pelukannya, aku menjadi semakin canggung, tetapi aku dengan tenang menjaga postur tubuhku. Bahu Heinley bergetar ringan saat dia berbisik di telingaku.

“Saya mendengar semuanya.

"Apa-? Ah."

Dia pasti sudah mendengar tentang pertemuan keadaan darurat hari ini. Dengan semua berita, bahkan gosip pasti menyebar ke istana selatan dengan cepat. Pertemuan negara telah berlangsung selama berjam-jam, dan aku tidak datang ke sini sampai pertemuan itu selesai. Aku menjawab dengan suara lembut, merasa tidak berdaya.

"Saya baik-baik saja."

Aku dengan canggung menarik kembali lenganku, lalu menepuk punggung Heinley.

"Benarkah."

Aku mencoba menghiburnya karena dia tiba-tiba terlihat muram. Namun, begitu tanganku menyentuh punggungnya, dia terasa menegang. Aku dengan gugup menarik kembali tanganku.

“Saya bersyukur Anda ada di sini.

Heinley melepaskanku dan mundur selangkah, lalu berlutut dan mengulurkan tangannya seperti saat pertemuan pertama kami. Aku mengulurkan tanganku, dan dia menutup matanya saat dia menciumnya. Dia membuka matanya lagi, terus menatapku.

"Saya harap Anda tidak akan berdiri sendirian lama-lama."

“Berkat Anda, itu tidak akan terjadi.

"Segera setelah Anda bercerai, saya berharap Anda akan disetujui untuk menikah lagi.



<<<

Chapter Sebelumnya                   

>>>             

Chapter Selanjutnya 

===

Daftar Chapters 


///////////

Baca Juga:

Pembuat Onar di Keluarga Count (Ep. 43 - 45) / Trash of the Count’s Family (Ch. 37)


No comments:

Post a Comment