Thursday, April 8, 2021

Remarried Empress (#180) / The Second Marriage (Ep. 89 part 1)



Diterjemahkan dari https://novelutopia.com/ 

Chapter 180: Apa yang Heinley Ingin Lakukan (1)

 

"Nona. Ini masalah serius ... Jangan anggap enteng."

“Tidak apa-apa. Kamu ingin aku ramah kepada semua jurnalis? Begitu, kan? ”

"Tidak juga."

"?"

“Seseorang yang bersahabat dengan aku dan musuhku sama sekali bukanlah sekutu, bukan?”

Rashta ingin menangis.

Dia ingin berbicara tentang permaisuri yang digulingkan, dan kemudian tentang orang tua barunya. Namun, Duke Elgy saat ini sedang membicarakan topik yang terlalu membosankan bagi Rashta.

“Nona, apa kamu tahu ada berapa jenis jurnalis?”

“Aku tidak tahu.”

“Hanya ada dua jenis.”

“Jurnalis yang baik dan jurnalis yang buruk?”

“Jurnalis yang bersahabat dengan bangsawan dan jurnalis yang memusuhi kaum bangsawan.”

“Karena jurnalis yang bersahabat dengan bangsawan juga akan bersahabat dengan keluarga kekaisaran, haruskah Rashta tetap dekat dengan jurnalis ini?”

“Tidak sesederhana itu.”

"?"

“Hanya karena mereka bersahabat dengan bangsawan bukan berarti mereka ramah kepada keluarga kaisar, sama halnya tidak bermusuhan dengan bangsawan berarti mereka bermusuhan dengan keluarga kaisar.”

Rashta mencengkeram kepalanya dengan kedua tangan.

Dia merasa ingin berteriak 'Berhenti!'

“Jika hubungan antara kaisar dan bangsawan buruk, kaisar harus dekat dengan jurnalis yang memusuhi bangsawan. Dengan kata lain, ini adalah perang taktik.”

"Ah, iya. Aku mengerti."

"Tapi rakyat jelata tidak diragukan lagi memusuhi kaum bangsawan, Nona. Waspadai perbedaan ini dan putuskan dengan siapa kamu harus dekat."

Rashta menghela napas dan menjawab.

“Rashta membutuhkan dukungan rakyat jelata, jadi Rashta harus dekat dengan jurnalis yang bersahabat dengan rakyat jelata.”

"Betul sekali. Tapi Anda juga tidak boleh dibenci oleh jurnalis yang bersahabat dengan bangsawan."

“Uh… bagaimana aku tahu siapa yang bersahabat dengan rakyat jelata dan siapa yang bersahabat dengan bangsawan?”

“Kamu hanya perlu membaca artikel dari tiga tahun terakhir.”

Rashta akhirnya berjongkok dan melambaikan tangannya.

“Bayiku tidak ingin mendengarnya! Ceritakan kisah lucu!”

Duke Elgy menatap Rashta, dan dia segera tertawa terbahak-bahak.

Ketika Rashta menatapnya dengan cemberut, Duke Elgy menggelengkan kepalanya sambil tertawa. Sisi dirinya ini sangat manis. Namun, dia tidak memujinya secara terbuka.

Akhirnya, Rashta menunduk sambil tersenyum.

 

***

 

Orang mengharapkan dua hal saat membaca koran.

Kebenaran atau tanggapan yang diinginkan.

Apa yang dibutuhkan untuk pertanyaan saat ini bukanlah kebenaran, tetapi tanggapan yang diinginkan.

Jadi, apa jawaban yang diinginkan orang-orang dari Kerajaan Barat…?

Mayoritas orang membenci bahwa raja mereka dijadikan bahan tertawaan karena tingkah asmara. Tingkah asmara seperti itu hanya menghibur dalam keluarga kerajaan, ketika raja dan putra mahkota tidak terlibat.

Itu akan sama bagi orang-orang di Kerajaan Barat, terutama karena saudara laki-laki Heinley memiliki beberapa selir. Mereka pasti sudah bosan dengan cerita semacam ini…

Yah, akan lebih baik untuk menonjolkan romansa tanpa mencampurkan politik. Namun, jika asmara terlalu intens, itu menjadi skandal, jadi tidak perlu melewati batas.

Aku ingin berbicara dengan Heinley terlebih dahulu sebelum menjawab, tapi ...'

Jika kamu menunda tanggapanmu sekali, mengatakan bahwa kamu akan menanggapinya di lain waktu, tanggapanmu nanti akan kurang kredibel.

Pada saat itu, tidak peduli seberapa bagus jawabanmu, semua orang akan mengira itu dibuat-buat, jadi aku akan menjawabnya sekarang.

Segera setelah aku selesai merenung, aku menjawab dengan sedikit tersenyum.

"Aku mengatur segalanya sebelum perceraianku."

"?!"

"Yang Mulia Raja menolongku pada saat itu."

Tentunya dalam menjawab, seseorang harus meninggalkan umpan untuk digigit oleh pihak lawan. Jurnalis yang cerdik itu memahami maksud di balik perkataanku dan bertanya dengan terkejut.

“Tahukah Anda sebelumnya bahwa Anda akan bercerai?”

"… Aku sudah mendengarnya."

Aku bisa saja menjawab lebih jelas, tapi ini sudah cukup.

Jurnalis itu membuka mulutnya karena terkejut dan ekspresi Rose juga sama terkejutnya.

Kemudian dia menatapku dengan kasihan.

 

***

 

Sekitar jam enam sore.

Karena istana terpisah tidak memiliki dapur, Rose secara pribadi pergi ke istana pusat untuk mengurus makananku.

Tentu saja, Rose bertemu dengan kakaknya, Yunim.

Begitu Yunim melihatnya, dia bertanya apa pendapatnya tentang ratu, dan Rose menjawab dengan terkejut,

“Dia tidak menunjukkan perasaannya dalam situasi baik atau buruk.”

"Apa maksudmu?"

“Secara harfiah begitu.”

Yunim menambahkan, setelah memikirkannya sejenak.

“Kamu mencoba untuk menenangkanku.”

"Apakah itu yang kau pikirkan?"

“Menurutmu aku tidak bisa melihatnya?”

"Itu benar."

Setelah itu, Rose mengangkat sedikit roknya dan menunjuk ke kakinya yang bengkak.

“Apakah kamu lihat ini? Aku telah berjalan berkeliling sepanjang hari, menunjukkan istana kerajaan padanya."

“Seberapa jauh kamu berjalan kaki sampai membuat kakimu bengkak?”

“Jangan ditanya, kamu tidak tahu betapa telitinya dia.”

Rose bergidik, melambaikan tangannya sedikit.

Ratu memasuki setiap kamar, memeriksa setiap inci interiornya, seolah-olah dia adalah mata-mata dan bukan ratu.

Secara alami, mereka bertemu dengan beberapa abdi istana, dan beberapa dari mereka bereaksi aneh ketika mereka melihat ratu.

“Alih-alih tur ke istana kerajaan, itu lebih seperti agar orang-orang melihat wajahnya…”

Saat Rose memiringkan kepalanya, Yunim bertanya padanya.

"Bagaimana kamu membandingkannya dengan Christa?"

“Aku hanya di sisinya selama satu hari. Aku tidak tahu banyak."

“Bagaimana dengan kepribadiannya?”

“Sulit untuk mengatakannya dalam satu hari.”

"Dan bagaimana dengan kemampuannya?"

“Dia akan melakukannya dengan baik, ada rumor tentang ini yang beredar di mana-mana. Aku belum melihat ada yang salah dengan mata kepalaku sendiri."

Rose menjawab dengan jujur, lalu ragu-ragu dan mengakui,

“Sejujurnya, aku tidak membencinya. Asalkan dia berjalan lebih sedikit, aku bisa terus menjadi dayangnya.”

“…”

Yunim sedikit mengernyit, seolah dia sudah menduga tanggapannya itu.

 

***

 

Rose belum datang.

‘Sudah berapa lama sejak dia pergi?’

Saat aku melihat jam, aku mencoba menghitung jarak antara istana pusat dan istana terpisah, setelah berjalan-jalan di sini sepanjang hari.

Itu bukanlah jarak yang dekat. Bolak-balik dengan kaki lelah juga akan membuatnya berjalan sedikit lebih lambat…

Namun, meski mempertimbangkan hal tersebut, dia sudah pergi terlalu lama. Jadi, dia pasti sedang berbicara dengan seseorang. Siapa itu?

‘Dia mungkin bertemu dengan saudara laki-lakinya.’

Tidak, menurutku bukan Christa, karena dia akan melakukannya lain kali atau tidak berbicara selama yang dia lakukan sekarang.

Jika dia ingin menusukku dari belakang, dia tidak akan pergi lama, jadi kurasa itu Yunim.

Kalau begitu, apa yang dia bicarakan?

Mungkin dia mengeluhkan kakinya yang sakit karena terlalu banyak berjalan hari ini…

Aku menekan sudut mulutku untuk menahan tawa.

- Tok tok

Oh, kurasa dia sudah datang.

Aku segera melepaskan jemariku dari bibirku dan berdiri.

- Tok tok

Namun, ketukan itu sepertinya tidak datang dari pintu. Faktanya, ketukan itu berasal dari jendela.

***

 

<<<

Chapter 179                   

>>>             

Chapter 181 

===

Daftar Chapters 


No comments:

Post a Comment