Saturday, March 13, 2021

Remarried Empress (#164) / The Second Marriage (Ep. 80 part 2)

 


Chapter 164 Aku Meminta Izin Untuk Menikah Lagi (2)

 

Rashta menyadari bahwa hidupnya akan segera berubah total. Orang-orang di Istana Kekaisaran pada umumnya ramah terhadapnya, tetapi dalam beberapa hari terakhir, itu telah mencapai tingkat yang luar biasa. Ketika dia berjalan, para bangsawan diam-diam akan datang ke sebelahnya dan berbicara dengannya, meskipun topiknya sering kali tentang betapa menyedihkannya Permaisuri. Jelas bahwa para bangsawan ingin menarik perhatian Rashta.

Pada hari pengadilan perceraian, Rashta tertawa senang ketika dia memikirkan berapa banyak orang yang akan berubah ketika dia menjadi permaisuri. Memang benar ketika Rashta memberi tahu Navier bahwa dia tidak membencinya — setidaknya tidak pada awalnya.

Tentu saja, ketidaksukaan Rashta terhadap Permaisuri tumbuh selama beberapa bulan terakhir. Sekarang setelah keadaan menjadi seperti ini, Rashta bahkan merasa sedikit kasihan pada Navier. Pada akhirnya, bagaimanapun, Rashta lebih menghargai dirinya sendiri daripada Permaisuri. Hanya karena Navier berada dalam situasi yang tragis, tidak berarti Rashta akan menyia-nyiakan keberuntungannya.

“Ini adalah era Rashta.”

"Hmmm?"

“Ketika semua orang berkumpul bersama, itu demi Anda.”

"Benarkah?"

"Tentu saja! Saya sangat bangga bekerja untuk Anda akhir-akhir ini, Nona Rashta. "

Delise tersenyum lebar, dan Rashta balas tersenyum. Diam-diam, Rashta mengira Delise tidak punya sesuatu untuk dibanggakan. Ini adalah pertama kalinya Delise menjadi pelayan, dan dia tidak selalu melakukan pekerjaannya dengan kompeten. Satu-satunya kelebihannya adalah kepribadiannya, tetapi keuntungan itu tidak dapat digunakan oleh seorang permaisuri.

'Bersama dengan Delise ... aku harus membuat Viscountess Verdi berhenti dari pekerjaannya sebagai dayang juga.'

Itu akan merendahkan kedudukan permaisuri seperti dirinya untuk memiliki Viscountess yang berstatus lebih rendah melayaninya sebagai dayang. Rashta juga meragukan kesetiaan Viscountess Verdi, dan seringkali Viscountess membuatnya merasa tidak nyaman.

Ketika Rashta memutuskan pakaian mana yang akan dia kenakan untuk ke pengadilan perceraian, Duke Elgy datang mengunjunginya.

“Aku sudah lama tidak melihatmu.”

Rashta tersenyum cerah pada Duke Elgy dan mengantarnya ke kamar. Ketika dia masuk, dia menggerutu dengan kekecewaan yang dilebih-lebihkan.

"Aku tidak percaya kamu merahasiakan cerita sepenting itu dariku. Aku patah hati, Nona. "

"Hah?"

Mata Rashta membelalak karena terkejut. Kedengarannya Duke Elgy kesal karena dia tidak tahu tentang perceraian Permaisuri sebelumnya.

“Bagaimana kau bisa tahu?”

Rashta kembali menatapnya dengan heran, dan Duke Elgy samar-samar menyebutkan bahwa dia punya firasat.

“Apakah kau kecewa? Maafkan aku. Yang Mulia menyuruhku merahasiakannya. "

Rashta mengatupkan kedua tangannya untuk meminta maaf dan memberinya senyum termanis.

“Yah, mau bagaimana lagi.”

Untungnya, Duke Elgy tidak terlihat kesal, dan dia menyeringai.

“Setiap orang punya rahasia.”

“Apakah kau punya rahasia?”

"Iya. Kau pasti sudah melihatnya.”

"Aku? Oh itu…"

Rashta teringat surat aneh dari Raja Heinley dan tersenyum canggung. Duke Elgy memberikan senyuman sebagai balasannya, tetapi tidak jelas apakah itu dimaksudkan untuk bercanda atau serius.

“Tapi itu bukan satu-satunya hal yang tidak ingin kau katakan pada Rashta. Kau tidak berada di kamarmu beberapa hari terakhir ini. "

“Ah, itu karena burung pemarah itu.”

"Burung? Burung biru itu?"

“Burung yang lain. Yang membuatku ingin menarik rambutku. "

“Apakah kamu suka burung?”

"Sedikit."

Dia memberikan jawaban ringan, lalu mengalihkan pandangannya ke berbagai gaun yang digantung Rashta di tengah ruangan. Mereka semua kebanyakan gaun putih.

"Apakah kamu akan pergi ke pengadilan perceraian hari ini juga?"

“Ya, tapi Rashta masih memutuskan apa yang akan dikenakan.”

“Apakah kau ingin aku memilihkannya untukmu?”

Mata Duke Elgy berbinar saat dia menanyakan pertanyaan itu, dan Rasta tertawa dan mengangguk.

“Kamu pandai memilih?”

“Aku telah melihat banyak gaun wanita.”

Dia meletakkan tangan di dagunya dengan serius sambil mengamati setiap gaun, lalu menunjuk ke gaun yang paling berkilau dan paling glamor.

“Itu yang terbaik.”

"Yang itu? Bukankah lebih baik berpakaian lebih polos?”

"Mengapa?"

“Bukankah ini hari yang buruk?”

“Hari yang buruk untuk Permaisuri, ya, tapi tidak untukmu. Kau harus menunjukkan dirimu kepada orang-orang. Itu adalah duniamu sekarang.”

 

***

 

Ketika aku memasuki aula tempat pengadilan perceraian akan berlangsung, semua orang sudah ada di sana. Para bangsawan, para pejabat, orang tuaku yang sangat aku rindukan ...

Marquis Farang juga ada di sana, bergegas kembali dari Kerajaan Barat tepat pada waktunya. Wajahnya pucat seolah baru mengetahui tentang perceraian. Ketika aku bertatap mata dengannya, aku melihat dia menggigit bibir bawahnya begitu keras hingga hampir berdarah. Para kesatria itu berdiri di sisiku dengan rapat, jadi kami tidak dapat berbicara. Mungkin setelah perceraian, kami bisa bicara sebanyak yang kami mau.

Ketika aku berpakaian beberapa waktu yang lalu, kecemasanku menyebabkan telapak tangan dan telapak kakiku kesemutan. Sekarang aku berada di sini di aula besar ini di antara semua orang, aku tidak dapat merasakan apa-apa.

Aku melihat ke depan. Sovieshu ada di atas sana, dan tempatku biasanya berdiri di sampingnya kosong. Sementara itu, Imam Besar berdiri di tengah panggung.

Di belakang Sovieshu adalah Rashta, mengenakan gaun putih yang elegan. Dia biasanya lebih suka pakaian sederhana, tapi hari ini gaunnya begitu mencolok sehingga bisa dipakai untuk perayaan Tahun Baru. Aku bertanya-tanya nasihat seperti apa yang dia terima. Ada waktu dan tempat untuk pertunjukan semacam ini. Apakah tidak ada yang memberitahunya bahwa dia terlihat norak seperti itu?

'... Itu tidak masalah.'

Pintu ditutup dengan suara keras, dan ruangan itu menjadi sunyi senyap. Ini hanyalah awal. Aku dengan berani mendekati Imam Besar.

“…”

Tidak ada yang berani membuka mulut. Setelah aku mengambil tempatku di panggung, Imam Besar mendesah sebentar, melihat dokumen di hadapannya, dan kemudian berbicara.

“Permaisuri Navier… Permaisuri Navier dari Kekaisaran Timur. Suamimu, Kaisar Sovieshu, telah meminta untuk menceraikanmu. "

Suara Imam Besar bergema dengan jelas di aula dan menembus telinga semua orang. Aku terus menatapnya dalam diam.

"Jika Anda menerima perceraian ini, Permaisuri Navier, Anda tidak akan lagi menjadi permaisuri, Anda akan dilucuti dari semua hak sebagai anggota keluarga kerajaan, dan Anda tidak akan diizinkan untuk menggunakan nama keluarga kerajaan."

“…”

"Sumpah pasangan, yang kalian ucapkan di hadapan Tuhan, akan dibatalkan, dan status Permaisuri Navier dan Kaisar Sovieshu sampai saat ini akan tetap lajang."

Imam Besar berpaling kepadaku, tetapi tidak mengatakan apa-apa tentang alasan perceraian.

“Apakah Anda akan menerima perceraian? Jika tidak, Anda dapat mengklaim hak untuk mengajukan gugatan. "

Aku menjawab dengan sikap seacuh tak acuh mungkin.

"Saya menerima perceraian."



<<<

Chapter Sebelumnya                   

>>>             

Chapter Selanjutnya 

===

Daftar Chapters 


No comments:

Post a Comment