Saturday, March 13, 2021

Remarried Empress (#165) / The Second Marriage (Ep. 80 part 3)

 


Chapter 165 Aku Meminta Izin Untuk Menikah Lagi (2)

 

Apakah aku satu-satunya yang memiliki senyum tipis di bibir ketika aku mengucapkan kata-kata itu?

Sovieshu menatapku dengan ekspresi setengah lega, setengah menyesal. Apakah itu sandiwara, atau tulus?

Sampai sekarang, aku adalah rekan yang baik dan permaisuri yang sempurna. Kami tidak pernah bertengkar - sampai dia membawa Rashta. Dia mencampakkanku demi kekasihnya, tetapi sampai saat terakhir dia ingin menjadi pria yang baik dan kaisar yang baik.

Kemudian ada keluargaku dan gereja besar yang menyetujui pernikahan kami, yang bersikeras agar aku tidak mundur dari posisi permaisuri. Sovieshu pasti tidak akan menyukai gagasan menjalani persidangan perceraian yang membosankan antara kedua pihak.

Dia pria seperti itu, dan kaisar semacam itu.

"Yang Mulia! Ini tidak mungkin!"

Marquis Farang berteriak dan mencoba berlari ke arahku, tetapi dia ditangkap oleh penjaga Kaisar dan dilarang melangkah lebih jauh ...

Marquis Farang dan Countess Eliza, Sir Artina, orang-orang yang membelaku. Aku berterima kasih kepada kalian semua.

Aku memandang mereka dengan pandangan berterima kasih, lalu menoleh ke Imam Besar.

“Permaisuri Navier. Apakah Anda benar-benar setuju dengan dokumen perceraian ini tanpa ada keberatan?”

Suara Imam Besar terdengar sedikit marah. Dia ingin aku melawan dan menentang alasan perceraian.

Meskipun peluang untuk memenangkan persidangan tidak ada, itu akan menyebabkan skandal bagi Kaisar dan selirnya ketika orang-orang mendengar berita itu. Itulah yang diinginkan oleh Imam Besar, keluargaku, dan teman-temanku.

Aku menggelengkan kepala. Sidang perceraian mungkin akan merusak reputasi Sovieshu, tetapi namaku mungkin akan tercoreng juga. Aku bukannya memiliki masalah moral, tetapi aku akan menikah lagi dengan raja negara lain. Memperumit situasi politik hanya akan membuat itu semakin sulit.

"Saya menerima perceraian."

Menteri menutup matanya dengan muram saat gumaman pecah di dalam ruangan.

“Dan meminta izin untuk menikah lagi.”

Setelah aku selesai berbicara, suasana di ruangan itu berubah total. Udara menjadi hening karena terkejut dan mata Imam Besar membelalak. Semua orang saling pandang, tidak yakin dengan apa yang mereka dengar.

Sovieshu menatapku dengan bingung, dan mengerutkan alisnya. Imam Besar kebingungan.

“Permaisuri Navier… menikah lagi?”

Alih-alih menjawab, aku mengulurkan tangan dan menunjuk ke satu tempat. Seolah diberi aba-aba, seorang pria, yang mengenakan kerudung bersulam yang menutupi wajahnya, tertawa senang.

“Apakah waktunya saya keluar sekarang?”

Keheningan dipecah oleh gumaman kerumunan lagi. Pria itu berjalan menyusuri ruang pengadilan dan berdiri di sampingku. Ketika dia melepas kerudung, Sovieshu terlompat berdiri.

“Navier! Pria itu-"

“Adakah pria yang akan saya nikahi.”

Mata Imam Besar tampak hampa. Aku tersenyum dan menoleh ke pria di sampingku. Dia menatapku seolah berkata, "Kamu mengharapkan reaksi ini, bukan?"

Entah bagaimana perasaanku sangat senang. Meskipun itu bukan balas dendam yang kuinginkan.

Di tengah semua ini, Heinley dan aku adalah satu-satunya yang terlihat bahagia. Keramaian orang-orang bertambah karena kemunculan mengejutkan dari Raja Negeri Barat. Rahang Sovieshu ternganga, dan Rashta menjerit.

“Tidak mungkin!”

Dia tampak tidak kalah tertegun. Entah mengapa, dia menatap antara Heinley dan Duke Elgy, tetapi tidak melihat Sovieshu. Duke Elgy juga berpura-pura terkejut, meskipun dia tahu Heinley ada di sini.

Imam Besar berdehem beberapa kali, masih terlihat heran. Setelah beberapa saat, dia berbicara kepadaku lagi.

“Permaisuri Navier, apakah ini benar? Pangeran — tidak, Raja Heinley, apakah Anda bersungguh-sungguh?”

Heinley menjawab sebelum aku sempat melakukannya.

“Ya, aku ingin Navier sang Permai-… Navier, menjadi ratuku.”

Sovieshu mencemooh.

“Apa yang Anda lakukan di negara lain?”

Heinley mempertahankan nada suaranya saat dia menoleh ke Sovieshu.

“Melamar.”

Terlihat jelas dia ingin memprovokasi Sovieshu, dan Imam Besar mengerutkan kening pada Heinley sebagai peringatan.

"Raja Heinley."

Heinley dengan cepat membuat dirinya terlihat polos dan menyedihkan, dan dia memohon kepada Imam Besar.

“Yang Mulia. Saya akan kembali dalam kapasitas resmi nanti, tetapi jika saya melewatkan kesempatan ini sekarang, semuanya akan terlambat. Ini mendadak, saya tahu, tapi mohon pertimbangkan dan berikan persetujuan Anda."

Aku menahan napas saat menunggu keputusan Imam Besar. Aku berharap dia memberikan izin, tetapi situasi di sekitarku terasa sangat rapuh. Sovieshu memotong dengan suara rendah yang berbahaya.

“Imam Besar. Jelas ilegal bagi Raja Heinley untuk menghadiri pengadilan ini tanpa izin."

Imam Besar menatapku dalam diam, dan aku balas menatapnya. Dia sepertinya bertanya, ‘Apakah ini idemu?’ Aku tidak tahu pasti apakah dia mengatakan itu, tapi aku mengangguk.

Pada saat itu, jantungku serasa mau copot. Apakah Imam Besar akan berkata tidak? Mulut lelaki tua itu terbuka untuk berbicara, dan aku menelan ludah. Aku merasakan Heinley menyentuh telapak tanganku, dan aku mencengkeram tangannya seolah-olah aku sedang bergantung pada hidupku. Pandangan Imam Besar tertuju pada jari-jari kami yang terjalin, dan kemudian tampaknya dia membuat keputusan.

“Saya menyetujui pernikahan kembali Navier dengan Raja Heinley.”

Suaranya seakan menembus dadaku. Begitu juga Heinley, dia menghembuskan napas seolah-olah dia telah menahan napas sedari tadi. Dia, juga, khawatir Imam Besar tidak akan memberikan persetujuannya kepada kami.

Heinley berbalik menghadapku, dan dia memberiku senyuman seterang sinar matahari. Dia tidak ragu-ragu menunjukkan perasaannya di depan semua orang. Aku dengan canggung memiringkan mulutku ke atas, ketika aku melihat Sovieshu. Dia tampak seperti telah dipukul di bagian belakang kepalanya. Mulutnya terbuka untuk mengatakan sesuatu, tapi kemudian Imam Besar mengangkat tangannya untuk berbicara ke seluruh ruangan.

"Pengadilan perceraian sudah berakhir."

Setelah dia menyatakan bahwa pertemuan ditutup, dia menatapku dan Heinley dan menyuruh kami mendekat. Itu hanya beberapa langkah, tapi kami berjalan berdampingan. Ini seperti pertama kalinya aku bertukar janji pernikahan, dengan Imam Besar di sana, di mimbar… tapi kali ini, pria di sampingku berbeda. Aku bertanya-tanya apakah Imam Besar memikirkan hal yang sama.

Dia memberi kami senyuman sedih dan mengucapkan ucapan selamat kepada kami sebagai pasangan yang baru menikah. Namun, tidak dengan kegembiraan yang sama seperti pertama kali dia mengucapkan kata-kata itu kepadaku. Meskipun dia mengizinkan pernikahan ini, dia tampak bingung dan tidak senang dengan hal yang tidak terduga ini.

“Yang Mulia. Terima kasih."

Heinley tersenyum dan membungkuk setelah menerima berkatnya.

"Saya akan mengadakan upacara yang layak nantinya dan mengundang Anda."

“… Saya sudah memberikan persetujuan saya, jadi tidak perlu. Saya sibuk, jadi jangan memanggil saya untuk kedua kalinya."

Imam Besar berbicara dengan nada singkat, dan kemudian menoleh padaku dengan ekspresi yang rumit.

“Permaisuri Navier. Tidak, Ratu Navier. Saya menyetujui permintaan ini karena saya percaya pada Anda sejak Anda masih kecil. Ini tidak akan menjadi jalan yang mudah.​”

“Terima kasih, Imam Besar.”

Dia kembali menatap Heinley dan menawarkan kata-kata nasihat terakhirnya.

“Selenggarakan pernikahan yang mewah dan undang banyak orang. Saat Anda pergi, pergilah dengan bangga.”

"Terima kasih. Saya pasti akan mengundang Anda ke pesta pernikahan. "

"Saya sibuk."

Imam Besar mengulangi alasannya, lalu melirik ke belakang. Sovieshu berdiri di sana, tampak seperti gunung berapi yang siap meledak kapan saja. Rashta masih menatap antara Duke Elgy dan Heinley, senyumnya yang biasa benar-benar terhapus dari wajahnya. Wajah dan tinju Sovieshu memerah karena marah. Mata kami bertemu.

“…”

“…”

Kami menatap satu sama lain tanpa sepatah kata pun. Aku tidak bisa memikirkan apa pun untuk dikatakan. Terlalu berisik di sini. Meskipun aku berdiri di tengah-tengah kejadian, aku merasa tenang seolah-olah aku berada di dalam pusat badai.

Sementara itu, mata batu bara Sovieshu yang gelap berkilauan karena marah. Begitu Imam Besar menyeka keringat di alisnya dan melangkah ke samping, Sovieshu mendekatiku perlahan.



<<<

Chapter Sebelumnya                   

>>>             

Chapter Selanjutnya 

===

Daftar Chapters 

No comments:

Post a Comment