Saturday, March 13, 2021

Remarried Empress (#163) / The Second Marriage (Ep. 79 - 80)

 


Chapter 163 Malam Sebelum Perceraian (2)

 

Beberapa hari terakhir ini tidak tertahankan bagi Marquis Farang. Tidak peduli berapa lama dia menunggu, dia sudah berhari-hari tidak melihat Raja Heinley di Kerajaan Barat. Dia telah mengirimkan surat Navier, dan dia berniat untuk tetap tinggal sampai Heinley membalasnya. Meskipun menggunakan burung kurir lebih cepat, beberapa aspek komunikasi pasti hilang — seperti reaksi penerima ketika mereka menerima pesan.

Ketika Marquis Farang pertama kali mengirimkan surat Navier kepada Heinley, raja tersenyum dan menerima surat itu dengan gembira. Raja dan permaisuri secara tak terduga tampaknya berhubungan baik. Ketika Marquis Farang melihat reaksinya, dia memutuskan untuk mengirimkan surat balasan Heinley secara pribadi.

Selama beberapa hari pertama, Raja Heinley mengatakan dia terlalu sibuk untuk menulis balasan, dan Marquis Farang tidak terlalu memikirkannya. Heinley adalah raja yang baru saja dinobatkan, dan tidak mengherankan jika dia memiliki setumpuk pekerjaan. Marquis Farang ingin bertemu dengan Koshar, jadi dia memutuskan dia bisa menunggu.

Namun, waktu berlalu, masih belum ada jawaban dari Raja Heinley.

“Apakah dia begitu sibuk sehingga dia tidak punya waktu?”

Kesabaran Marquis Farang mulai menipis, dan dia menoleh ke McKenna, ajudan terdekat Raja. Penjelasan yang diberikan McKenna membuatnya terkejut.

Raja telah pergi. Marquis Farang belum pernah mendengar tentang itu. Mulutnya terbuka karena bingung, tetapi jawabannya tetap tidak berubah.

“Tapi kenapa tiba-tiba…”

"Itu darurat."

McKenna memberi Marquis Farang tatapan simpatik.

“Mohon tunggu di istana. Dia tidak akan pergi lama. "

Itu adalah kata-kata penghiburan, tetapi bagi Marquis Farang itu tidak bisa diterima. Permaisuri Navier telah mengirim ajudan terdekatnya untuk memberi tahu Marquis Farang agar mengirimkan surat itu, dan dia melaksanakan tugasnya dengan tergesa-gesa. Navier bukan sekedar menanyakan kabar Heinley. Marquis Farang tidak tahu isi surat itu, tapi dia tahu urgensi pengiriman itu menandakan betapa pentingnya surat itu.

Tapi menunggu di sini sampai Raja Heinley menyelesaikan pekerjaannya? Marquis Farang tidak bisa melakukan itu.

“Saya akan kembali lagi nanti.”

Pada akhirnya, Marquis Farang memutuskan untuk meninggalkan Kerajaan Barat, dan dia bergegas ke kamarnya dan mengemasi pakaiannya.

 

***

 

Sehari setelah aku mengunjungi Heinley, aku tidak dapat meninggalkan istana permaisuri. Hal yang sama berlaku bagi dayang-dayangku.

150 tahun yang lalu, seorang permaisuri telah membunuh suaminya sebelum perpisahan mereka secara resmi terjadi. Sejak itu, diputuskan bahwa permaisuri yang menunggu cerai akan tetap dikurung di istana sampai pertemuan pengadilan pertama berlangsung.

Aku terjebak. Mungkin karena aku tengah menunggu sesuatu yang besar, waktu berlalu dengan cepat dan lambat pada saat bersamaan. Waktu merangkak ketika aku menyibukkan diri di siang hari, tetapi ketika malam tiba, waktu datang dan pergi sekejap mata.

'Sekarang Heinley ada di sini dan aku telah berbicara dengannya dengan baik, setidaknya aku bisa memberi tahu orang tuaku tentang pernikahanku kembali.'

Meskipun aku bermaksud untuk menikah lagi setelah bercerai, itu tidak berarti aku dengan senang hati menghitung mundur ke waktu perceraianku.

Hari-hari berlalu, hatiku menjadi berat dan pikiranku kacau balau. Selama dua hari pertama, para dayang menangis setiap kali mereka melihatku. Namun setelah beberapa saat, mereka mencoba berbicara kepadaku dengan keriangan yang dipaksakan

Sehari sebelum pengadilan perceraian, Sovieshu memasuki kamarku. Tubuhku tegang karena stres, dan ketika aku melihatnya, pikiranku menjadi kosong.

Aku ingat hari pernikahan kami. Kami terlalu muda untuk gugup, dan karena kami terbiasa berada di dekat satu sama lain, kami tertawa dan mengobrol sehari sebelum pernikahan kami. Namun, pada hari penobatan kami, aku ingat pernah sangat gugup sehingga aku bahkan tidak bisa minum air. Fakta bahwa tidak ada yang akan memperbaiki kesalahanku membuatku takut. Itu adalah pengalaman yang sama sekali berbeda. Mengapa aku teringat hari itu?

Perutku mulas karena cemas dan aku meringis. Sementara itu, Sovieshu bersandar tanpa kata di ambang pintu, matanya berkaca-kaca seolah-olah dia juga sedang melamun. Akhirnya dia berkedip dan mendekatiku, dan Countess Eliza diam-diam menutup pintu di belakangnya.

Dengan perceraian yang sebentar lagi akan terjadi, Sovieshu tampak sangat normal. Dia masih tampan, dan dia tampak sehat.

“Apakah Anda di sini untuk mengucapkan selamat tinggal?”

Aku tidak ingin dia melihat bahwa diriku telah hancur, jadi aku berpura-pura sesantai mungkin. Tadi malam aku ingin mencabut rambutku karena dia. Akan tetapi, sekarang aku merasa seperti bejana kosong.

“... Kita akan segera berpisah.”

Sovieshu berbicara dengan gumaman rendah ketika dia menghindari pertanyaanku. Atau apakah ini caranya mengucapkan selamat tinggal? Bagaimanapun, kata-katanya hampir lucu. Tidak lama lagi kita akan berpisah. Senyuman tersungging di bibirku.

“Mulai sekarang, kita akan memiliki lebih banyak hari terpisah daripada hari bersama.”

Aku berbicara dengan nada final, tahu bahwa perceraian akan menjadi akhir kami. Namun, jawabannya sepertinya menunjukkan bahwa dia sama sekali tidak mengerti.

"Aku ingin kamu tinggal bersamaku setelah perceraian."

Aku hampir mendengus. Apa yang membuat dia memberikan saran yang begitu aneh? Apakah itu karena kasih sayang? Menunjukkan kesopanan kepada teman yang sudah lama dikenalnya?

Bukannya tidak ada permaisuri yang berdiri dengan suami mereka bahkan setelah bercerai. Itu adalah pengaturan yang tidak menyenangkan, tetapi itu memang bukanlah sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya.

“Saat kita bercerai, kita akan menjadi orang asing. Jadi itu tidak bisa terjadi. "

"Tinggallah."

"Tidak."

"Perceraian tidak akan membuat kita menjadi orang asing."

Itu adalah kata-kata yang tidak biasa untuk Sovieshu, tetapi bukannya tidak benar. Perceraian tidak akan membuat kita menjadi orang asing, bahkan jika kita tidak bisa akur. Kami masih akan memiliki perasaan satu sama lain — bahkan cinta dan kebencian — dan tidak peduli seberapa besar upaya kami untuk melupakan satu sama lain, kami tidak dapat memutuskan seluruh masa lalu kami.

Hatiku menjadi berat ketika aku melihatnya, dan aku pikir mungkin dia juga merasa bersalah. Tapi bukankah itu sikap yang angkuh bagi orang yang memulai perceraian?

Aku membuka mulut untuk memberitahunya, tetapi Sovieshu dengan hati-hati meraih tanganku.

Aku mengumpulkan kekuatan dan menarik tanganku darinya.

 

***

 

Kunjungan terakhir Sovieshu membuatku mampu menghilangkan perasaan hampa di dalam diriku. Meskipun kemarahan menggantikannya, hal itu memberiku dorongan untuk meraih masa depan yang lebih baik.

Setelah aku menyantap makanan terakhirku sebagai permaisuri, Countess Eliza berbicara kepadaku dengan tatapan suram di matanya.

"Apa yang ingin Anda kenakan, Yang Mulia?"

Para dayang, yang telah tenang selama beberapa hari, kembali menangis. Aku berdehem beberapa kali untuk mencegah suaraku pecah.

"Aku ingin pakaian yang sama seperti biasanya."

"Ya, Yang Mulia."

Ruangan itu benar-benar sunyi saat aku berpakaian, kecuali bunyi pakaian yang bergemerisik keras yang tidak biasa. Setelah aku selesai berpakaian, aku berhenti sejenak untuk melihat diriku di cermin. Di belakangku, aku bisa melihat dayang-dayang menangis. Laura paling sering menangis…

Aku menghela napas panjang. Sebulan yang lalu tidak tampak sesuatu akan berubah, dan sebelum aku menyadarinya, semuanya kelihatannya telah berubah total. Tidak ada harapan seandainya aku tidak berjanji untuk menikah lagi dengan Heinley, tetapi aku masih merasa sedih dengan situasiku.

Aku bahkan tidak punya waktu untuk menenangkan diri, karena kesatria Sovieshu masuk ke kamarku, mengatakan sudah waktunya. Sepertinya mereka akan membawaku ke pengadilan sekarang. Apakah Sovieshu mengatur ini agar aku tidak lari?

Para kesatria berdiri diam di sekitarku, lantas seseorang berbicara dengan suara muram.

"Apakah Anda siap?"

"Iya. Ayo pergi."

Aku menjawab dengan tenang untuk menyembunyikan kesedihanku, dan melangkah maju. Namun, para kesatria saling memandang, dan mereka semua sujud dan berlutut di hadapanku.

Tangisan para dayang semakin keras.



<<<

Chapter Sebelumnya                   

>>>             

Chapter Selanjutnya 

===

Daftar Chapters 


No comments:

Post a Comment